Perajin Sejahtera Bila Karyanya Dibeli Orang

  • Bagikan

membaranews.com (Medan)

 

Untuk meningkatkan produktivitas para perajin Sumatera Utara, para Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten/Kota diharapkan aktif menjalin kerja sama dengan pola kemitraan seperti kemitraan dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di daerah.

“Kumpulin ibu-ibu camat dan kepala desa dan BUMD, bicarakan apa ingin dibuat, sering lakukan pelatihan untuk perajin,” kata Gubernur Rapat Kerja (Raker) Dekranasda Sumut Tahun 2021 di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur, Kamis (8/4/2021).

Gubernur mengatakan, perajin bisa sejahtera bila hasil karyanya banyak diminati dan dibeli orang. Agar banyak orang datang ke daerah, Pemerintah Kabupaten/Kota harus terus berbenah dan mempercantik daerahnya agar banyak wisatawan yang datang.

“Banyak hasil kerajinan di daerah, banyak perajin yang handal tapi kalau daerahnya tidak bisa membuat wisatawan nyaman,tak akan ada pelancong datang untuk membeli hasil kerajinan yang telah dihasilkan para perajin,” kata Edy

Edy berharap, Raker jadi momen untuk evaluasi dan meningkatkan sinergi antarbkabupaten/kota sehingga memberi dampak berarti bagi perajin binaannya di masing-masing daerah.

“Mari kita bergandengan tangan 33 kabupaten/kota di Sumut. Kita pasti bisa cepat bangkit dari pandemi Covid-19, selama kita bisa saling mengerti dan bersinergi,”tegas Edy.

Gubernur menyerahkan bantuan kepada Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota untuk disalirkan kepada perajin binaannya.

Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis mengatakan, Raker bertujuan menyingkronisasikan programkerja, serta rencana aksi Program Kerja Dekranas Pusat, Dekranasda Provinsi dan Dekranasda Kabupaten/Kota.

Hasil Raker menjadi pedoman bagi organisasi Dekranasda di Kabupaten/Kota. Dengan sinkronisasi antara pusat dan daerah dapat mengantisipasi persaingan pasar global semakin ketat,” ujar Nawal yang didampingi Wakil Ketua Dekranasda Sumut Sri Ayu Mihari.

Nawal menekankan peran Dekranasda sangat penting membantu pemerintah untuk membina perajin, guna menghasilkan produk kerajinan berdaya saing tinggi mampu menembus pasar dunia.

Mari kita dukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.Kampanye terus digalakkan menciptakan rasa bangga menggunakan produk Indonesia,” ujar Nawal.(SW)

 

Foto :

Gubernur Edy Rahmayadi Melihat Produk Perajin Sumut.(ist)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *