Pengembangan Segitiga Wisata Religi Barus

  • Bagikan
Gubernur Edy Rahmayadi memimpin rapat pengembangan Segitiga Wisata Religi Barus.(Foto : Istimewa)

membaranews.com (Medan)

 

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi terus mendorong pengembangan kawasan Masjid Raya Barus, Situs Makam Mahligai, Situs Makam Papan Tinggi di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah menjadi kawasan segitiga wisata religi sejarah.

Pengembangan kawasan segitiga wisata religi diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Barus dan sekitarnya.Pemprov bersinergi dengan Pemkab Tapteng dan Forkopimda.

“Saya mau orang datang ke Sumut , salah satu tujuannya datang ke Barus.Ada segitiga wisata nanti, ada Masjid Raya Barus, Situs Makam Mahligai dan Situs Makam Papan Tinggi,” kata Edy Rahmayadi saat memimpin rapat pengembangan tiga kawasan wisata tersebut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman, Medan, Kamis (9/6/2022).

Barus merupakan titik nol peradaban Islam di Nusantara.Ada potensi harus dikembangkan sehingga bisa meningkatkan perekonomian Sumut dan Tapteng.

“Niat kita baik, datang orang ke sini pariwisata masuk, Penghasilan Asli Daerah (PAD) bertambah, rakyat sejahtera,” sebut Edy.

Edy menekankan pengembangannya dengan kearifan lokal tidak boleh hilang karena aset daerah yang berbudaya dan bermartabat.

Pemprov Sumut berkomitmen memberi perhatian pada sejarah dan situs-situs dan perlu dikembangkan. Pembangunan pariwisatas prioritas Pemprov Sumut dalam RPJMD Sumut.

Dengan potensi nilai sejarah Barus yang besar, maka harus didukung dengan infrastruktur yang baik . “Untuk itu, ada kolaborasi antara Pemprov, Pemkab dan Forkopimda ,” kata Pj Sekda Sumut Afifi Lubis.

Pemkab Tapteng mendukung pengembangan kawasan wisata Barus . “Kami menyambut baik dukungan Gubernur dalam pengembangan ikon wisata Barus,” kata Pj Bupati Tapteng Yetti Sembiring.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *