Pemprov Sumut dan Pemkab Tapsel Tebar Ribuan Benih Ikan Nila di Dua Desa.

  • Bagikan

Sekda Tapsel Sofyan Adil (empat kanan), Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut Jenni Masniari (empat kiri), Kadis Perikanan Tapsel Saiful AP Nasution (tiga kanan) bersama unsur Forkopimcam Angkola Muara Tais menebar ribuan benih ikan nila, Jumat (22/03/2024). (Foto : Istimewa)

Tapanuli Selatan I membaranews.com

Pemprov Sumatera Utara dan Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) bersama masyarakat melakukan penebaran benih ikan Nila di Desa Muara Purba Nauli dan Desa Sori Manaon Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapsel.

Penebaran ribuan benih ikan nilai dilakukan Bupati Tapsel Dolly Pasaribu diwakili Sekda Sofyan Adil, Jumat (22/03/2024).

Hadir Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumut Jenni Masniari, Forkopimcam Angkola Muara Tais, para Kepala Desa, Tokoh Adat dan Masyarakat Angkola Muara Tais.

Sekda Sofyan Adil mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemprov Sumut kepada daerah Kabupaten Tapsel dan diharapkan masyarakat dapat menjaga kelestarian perairan yang sudah di tebar benih ikan ini.

Kepada kelompok pengawas masyarakat agar serius menyambut bantuan ini termasuk pengamanan dan perawatan area sungai untuk keberlanjutan ketersediaan ikan nantinya,ujar Sofyan.

Sofyan menambahkan, adanya bantuan yang dapat membantu ekonomi sosial setempat juga daerah tersebut dapat dijadikan sebagai swasembada ikan air tawar.

Semoga nantinya dapat memberi peningkatan ekonomi sosial masyarakat termasuk membantu anak yatim dan fakir miskin. Kita doakan bersama agar daerah ini menjadi swasembada ikan air tawar,” sebut Sofyan.

Kadis Perikanan Tapsel Saiful AP Nasution mengatakan, kegiatan penebaran bibit ikan di perairan umum atau disebut Restocking merupakan tindak lanjut dari penyerahan bantuan oleh Pj Gubernur Sumut di Mess Provsu Sipirok beberapa waktu lalu.

“Kita dapat bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumut berupa benih ikan jenis Nila sebanyak 290.000 ekor di sebar di dua lokasi yakni Desa Muara Purba Nauli dan Desa Sori Manaon,” sebut Saiful.

Tujuan Restocking sebagai upaya penambahan stok ketersediaan ikan yang ditebar diperairan umum, sungai ataupun irigasi.

Saiful berharap adanya penebaran bibit ikan di perairan umum ini agar nanti mampu menjaga kelestarian sumber daya hayati.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumut Jenni Masniari mengatakan, pemberian bantuan bibit ikan ini sebagai wujud komitmen untuk membantu ketersediaan ikan di daerah-daerah.

“Ini adalah bentuk komitmen kami dalam mewujudkan permintaan atau usulan dari daerah-daerah untuk pemenuhan ikan,” ujar Jenni.

Pada kesempatan itu Jenni menginformasikan bahwa tahun depan (2025) akan ada program kampung nelayan dan kampung budidaya serta meminta Kadis Perikanan Tapsel untuk mengajukan proposalnya.

Camat Angkola Muara Tais Aswid Parmonangan Dalimunthe mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tapsel dan Pemprov Sumut. (Borneo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *