Menuju Swasti Saba Wistara, Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan Serahkan Swasti Saba Wiwerda.

  • Bagikan

Sekda Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho menyerahkan penghargaan.(Foto : Istimewa).

Pacitan I membaranews.com

Penyerahan Swasti Saba Wiwerda 2023 Adalah momentum bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan dalam menuju Swasti Saba Wistara.

Setidaknya ada 9 indikator yang harus dipenuhi supaya derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Pacitan semakin meningkat dan berkualitas. Apresiasi harus diberikan atas penghargaan yang didapat sehingga Swasti Saba Wistara diperoleh.

“Forum kabupaten sehat berperan terhadap kesehatan,” kata dr. Daru Mustiko Aji (19/12/2023) saat sambutan di Penyerahan Swasti Saba Wiwerda 2023 dan Penguatan Tim Pembina serta Forum Kabupaten Sehat Menuju Swasti Saba Wistara di Gedung Karya Dharma Pacitan.

Penerimaan Swasti Saba Wiwerda adalah bentuk penghargaan terhadap Kabupaten/Kota yang memenuhi kriteria nilai 81 sampai dengan 90.

Evaluasi harus menjadi prioritas untuk mendorong indikator yang sudah disiapkan dimana Wistara harus mempunyai angka 91 sampai dengan 100.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho saat membuka acara mewakili Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyatakan sangat mengapresiasi capaian tersebut.

Capaian dan target kedepan akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara utuh. Namun pesan Bupati supaya momentum tersebut tidak berakhir pada seremoni dan mesti Implementasi secara nyata.

Sekda Heru menyerahkan 5 ambulance kepada Donorojo, Punung, Kebonagung Tulakan dan Sukerejo. “Kami berharap dapat mempercepat akses kesehatan masyarakat,” ungkap Sekda.

Daru menegaskan target pendekatan selanjutnya adalah meningkatkan komunikasi yang maksimal terutama penguatan di lini kecamatan dan desa.

Berbagai penghargaan diberikan yakni ;
– Tatanan Kehidupan Masyarakat Yang Sehat Mandiri ; Desa Hadiwarno
– Tatanan Pemukiman Dan Fasilitas Umum ; Kelurahan Pucangsewu
– Tatanan Satuan Pendidikan ; SD Alam Pacitan
– Tatanan Pasar Rakyat ; Pasar Minulyo Pacitan
– Tatanan Perkantoran Dan Perindustrian ; CV. Games Toya Desa Pagerejo
– Tatanan Transportasi Dan Tertib Lalulintas Jalan Terminal ; Punung
– Tatanan Perlindungan Sosial Dan Pencegahan : Desa Cemeng
– Tatanan Pariwisata Pantau Srau ; Desa Candi
– Tatanan Pencegahan Penanganan Bencana ; Desa Kembang.(pram)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *