Ketua LSM FMPK Soroti Penetapan Pj.Bupati Gayo Lues 

  • Bagikan
Syarifuddin Telpie.(Foto : Istimewa)

membaranews.com.(Gayo Lues)

 

Menjelang habisnya masa jabatan Bupati Gayo Lues H.M Amru September 2022, pembicaraan siapa menjadi Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten,Kota di Aceh bermunculan ke permukaan. Sejumlah oknum berusaha melobi Kemendagri namun di Kabupaten Gayo Lues masih terkesan masih adem adem.

Pertanyaan tentang siapa akan menjabat Pj.Bupati Gayo Lues ,sepekan terakhir mulai muncul beberapa nama yang akan akan mengawal pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Ketua LSM FMPK Syafaruddin Telpie/ mantan Ketua Panwaslu Pertama Gayo Lues dalam keterangan pers , Senin (1/8/2022) mengatakan, Kemendagri sebagai pemegang otoritas penuh dalam penetapan Pj.Bupati ttetap merujuk UU Nomor 10 Tahun 2016 telah disempurnakan menjadi UU Nomor 6 Tahun 2020, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota sebagaimana tercantum dalam pasal (201) ayat 11. Bunyinya “Untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati/ Walikota diangkat Pejabat Bupati / Walikota berasal dari jabatan Pimpinan Tinggi Pratama sampai dengan pelantikan Bupati dan Walikota terpilih.

Mengingat ketetapan UU tersebut tidak dibatasi bagi siapa saja untuk diusulkan menjadi Pj.Bupati Gayo Lues asalkan telah memenuhi persyaratan sebagaimana amanat UU tersebut, namun Syafarudin menegaskan kebijakan pengangkatan Pj.Bupati Gayo Lues harus sesuai dengan Undang Undang Pilkada yakni , transparan, akuntabel, melibatkan publik. Intinya Pj Bupati yang ditunjuk Kemendagri mampu melepaskan diri dari kepentingan politik tertentu,bersikap netral menjalankan amanah dalam menyukseskan Pilkada Kabupaten Gayo Lues periode 2024- 2029, tanpa dicampuri kepentingan partai politik manapun.

Siapapun Pj.Bupati Gayo Lues harus mampu mengemban amanah tersebut agar tidak terjadi kisruh politik 2024.

“Tidak masalah ,siapapun orang nya baik putra daerah berdomisili diluar Kabupaten Gayo Lues maupun putra daerah domisili di Gayo Lues asal sesuai”, ujar Syafaruddin.

Malahan putra daerah berdomisili di luar Kabupaten Gayo Lues mempunyai nilai plus, karena sejujurnya harus kita akui mereka mempunyai prestasi dan karir yang baik dan mampu berkompetisi diluar daerah. Artinya, di negeri orangpun mereka mampu menoreh prestasi.

Begitu juga tidak kalah hebatnya putra putra terbaik berdomisili di Gayo Lues.Bagaimanapun merekalah selama ini meletakkan pondasi pondasi kemajuan pembangunan di Gayo Lues tanpa pamrih. Mereka patut mendapat kesempatan sama, tegas Syafaruddin.

Syafaruddin berharap Kemendagri menetapkan orang yang tepat, bijak, tegas megingat situasi politik di Gayo Lues menjelang Pilkada rawan perpecahan.

Kita berharap Pj.Bupati Gayo Lues terpilih mampu mengayomi masyarakat Gayo Lues tidak terpengaruh kepentingan politik tertentu.

Para elit politik Gayo Lues diminta menjaga stabilitas politik tetap menjaga kepentingan masyarakat,tidak mengutamakan kepentingan kelompok, berpolitik cerdas.

Saatnya kita memiliki wawasan demi kemajuan Negeri Seribu Bukit ini, agar menjadi makmur mengingat Gayo Lues punya potensi aam dan SDM hebat mampu bersaing ditingkatkan nasional dan internasional.

Namun kemampuan SDM berbagai potensi alam yang hebat lenyap akibat dikebiri oleh kepentingan politik kelompok tertentu.(AVID/Rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *