HUT PGRI Ke-77 Langkat : Guru Penentu Kemajuan dan Peradaban Bangsa 

  • Bagikan
Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin menyerahkan santunan kematian BPJS Ketenagakerjaan Rp. 42.Juta kepada ahli waris Almarhum Sopiana Ginting Guru Honorer SMPN 2 Sei Bingai.(Foto : Istimewa)

 

membaranews.com.(Langkat)

 

Hari Guru Nasional (HGN) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke 77/2022 diperingati Kabupaten Langkat berlangsung di GOR Stabat Kabupaten Langkat, Jumat (25/11/2022).

 

Plt Bupati Langkat, H Syah Afandin SH sebagai Pembina Upacara sedangkan Kadis Pendidikan Langkat DR. H.Syaiful Abdi sebagai Perwira Upacara, Pemimpin Upacara Muhamamd Ihsan,S.Pd, Suprapto,SPd pembaca naskah UUD 1945 Suprapti,S.Pd,pembaca Ikrar Guru Lidah Triana,S.Pd.

 

Sebelum menyampaikan pidato tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim

 

Plt Bupati Langkat menucapkan selamat Hari Ulang Tahun.

 

Saya yakin Guru memiliki peran penting dalam peradaban manusia dan kemajuan sebuah bangsa. Suatu negeri mampu berkembang dan maju ditentukan pada sumber daya manusia (SDM) dari rakyat bangsa itu sendiri.

 

“SDM yang unggul dan cerdas menjadi penentu kemajuan dan kemunduran nilai peradaban bangsa,” kata Syah Afandin.

 

Momentum HUT Ke-77 HGN dan PGRI menjadi semangat Pahlawan tanpa tanda jasa , bersatu dan berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan dalam menciptakan generasi emas di Langkat,ujar Syah Afandin.

 

Mendikbudristek Nabiel Makarim dalam sambutan tertulis menegaskan, platform merdeka mengajar di rancang untuk memenuhi kebutuhan guru untuk belajar, berkarya dan berkolaborasi. Platform dibuat berdasarkan kebutuhan di lapangan, bukan berdasarkan keinginan kami.

 

Ini adalah perubahan dasar, cara kerja pemerintah dalam melayani masyarakat,sebutnya.

 

Dalam platform merdeka mengajar guru, bisa mengakses modul pembelajaran dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik baik pembelajaran, dan terkoneksi dengan rekan sesama guru di daerah lain.

 

Guru di Aceh sekarang bisa belajar dari guru di Papua, guru di Kalimantan bisa menginspirasi guru-guru di Jawa.

 

Menteri berterima kasih kepada lebih 1,6 juta pengguna platform merdeka mengajar, yakni para guru yang mau mencoba hal baru, tidak takut berinovasi, sadar dan paham bahwa sudah tiba waktunya untuk bertransformasi.

 

Sekarang sudah ada 50.000 guru penggerak dan tentunya kami terus mendorong agar makin banyak seluruh penjuru nusantara menjadi guru penggerak untuk memimpin roda perubahan pendidikan Indonesia.

 

Saya sangat berharap agar seluruh daerah dapat segera mengangkat para guru penggerak untuk bisa menjadi kepala sekolah dan pengawas sekolah dan lingkungan sekitar,ujar Nabiel.

 

Begitu pula dengan persiapan calon guru masa depan kita, khusus melalui transformasi program-program pendidikan profesi guru atau PPG prajabatan, yang kini berorientasi pada praktik pengalaman lapangan,mengedepankan metode INKUIRI, dan membiasakan guru melakukan refleksi inovasi lainnya.

 

Saya yakin ide-ide berlian ini perlu didukung dengan kesejahteraan para guru. Untuk itu kami saat ini juga terus memprioritaskan pengangkatan guru honorer sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), melalui seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

 

“Saya tidak menutup mata, masih banyak yang perlu disempurnakan dalam program ini. Karena itulah semua dari kita harus bergotong-royong agar target kita yakni satu juta guru diangkat sebagai ASN PPPK dapat terwujud,ujarnya.

 

Usai p upacara dilanjutkan pembacaan cipta karya baca puisi oleh Dedy Destian Amd (Guru SD 050629 Salapian), Halimatussyakdiah Siregar (Pengawas SD Kecamatan Binjai).Penyerahan tali asih kepada 6 orang pensiunan.

 

Kemudian penyerahan santunan jaminan kematian BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp.42 Juta kepada :

 

Almarhum Sopiana Ginting, Guru honorer SMPN 2 Sei Bingai, Ahli waris penerima Jakius Gurusinga.

 

Melinda Boru Siahaan, Guru honorer SDN 054874 Sapta Marga Selesai. Ahli waris penerima Deliana Samosir.

 

Penyerahan penghargaa n kepada Kepala SD/SMP dan Guru SD/SMP berprestasi Tingkat Kabupaten Langkat Tahun 2022 :

 

 

Juara l menerima Rp1.780.000,

Juara ll Rp.1.577.000,

Juara lll Rp1.300.000

 

Kepala SD berprestasi :

1.Tumini SPd, Ka.SD SDN 055983 Sei Mati.

2. Zakiah Isnaini SPd, Ka.SD SDN 050761 Sei Bilah.

3.Rohayu Ningsih SPd,

 

Kepala SMP Berprestasi :

1.Dony Mangatur Rajagukguk SPd, Ka. SMPN Sei Lepan.

2.Kamaludin SPd, Ka. SMPN 1 Pangkalan Susu.

3.Haposan Manulang SPd, Ka. SMPN 4 Satap Bahorok.

 

Guru SD berprestasi :

1.Nurjanah Eka Purwanti SPd, Guru SDN 054904 Lorong Bambuaan.

2.Samiin SPd, Guru SDN 050677 Besilam BL

3.Ayu Priani SPd, Guru SDN 058250 Perdamaian.

 

Guru SMP berprestasi :

1.Novrini SPd, Guru SMPN 3 Satap Selesai.

2.Aslamiah SPd, Guru SMPN 1 Tanjung Pura.

3.Cici Wulandari SPd, Guru SMPN 2 Tanjung Pura.

Penyerahan hibah berupa uang kepada 6 Guru PAUD Tahun 2022, Santunan tali asih kepada 50 orang anak yatim.

Turut hadir Kajari Langkat Mei Abeto Harahap SH MH, Sekdakab Langkat H Amril SSos MAP, Unsur Forkopimda, Ketua MUI Langkat H Ahmad Dian LC MA, Kadis Kominfo H Syahmadi SSos MSP, Kabag Umum Eka Syahputra Depari SSTP MAP, Kabag Prokopim Mahardika Sastra Nasution SSTP MAP, Kabag Kesra H Syahrizal SSos MSi, Sekretaris PGRI Langkat Sagino SPd MM. (Jarik)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *