Enam Kabupaten/Kota di Sumut Jadi Penyelenggara PON 2024

  • Bagikan
Gubernur Edy Rahmayadi , Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki dan Menpora Zainuddin Amali membahas persiapan PON XXI/ 2024.(Foto :Istimewa)

membaranews.com.(Banda Aceh)

 

 

Enam Kabupaten/Kota ditetapkan kabupaten/tempat penyelenggara PON XXI/2024 di Sumatera Utara. Yakni ,Kota Medan, Binjai, Deliserdang,Serdangbedagai, Pematangsiantar,Simalungun.

Kota Medan menjadi penyelenggara pertandingan 19 venue ; renang, renang indah, loncat indah, polo air, billiard, binaraga, road bike, catur, drumband, dance sport, e-sport, golf, hoki indoor, hoki outdoor, senam, sepakbola putri, futsal, tinju, tenis meja.

Deliserdang 12 venue ; atletik, barongsai, bermotor, bowling, kriket, gateball, jiujitsu, karate, pencak silat, squash, taekwondo, wushu.

Serdangbedagai 2 venue ; equestrian dan voli pasir, Binjai 2 venue ; gulat dan sambo,Pematangsiantar 1 venue ; kick boxing,Simalungun 2 venue ; ski air dan renang terbuka.

Pemprov Sumut menyiapkan 6 Kabupaten/Kota menjadi tempat penyelenggara terkait fasilitas baik venue, akomodasi, aksesibilitas sarana transportasi,” kata Gubernur SumutbEdy Rahmayadi membahas persiapan PON 2024 di Rumah Jabatan Gubernur Aceh (Meuligoe), Banda Aceh,Sabtu (24/12/2022).

Fasilitas sudah dibangun seperti stadion utama, martial arts, bola voli indoor dan stadion madya atletik. Pemprov Sumut akan merevitalisasi venue yang sudah ada untuk memenuhi standar PON 2024.

“Untuk stadion utama mulai dibangun 2 Januari 2023, yang lain akan menyusul paling lambat Februari 2023, sisanya kita lakukan revitalisasi,” ujar Edy.

Untuk Wilayah Aceh ada 33 Cabor akan dipertandingkan di 6 Kabupaten/Kota meliputi Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Aceh Tengah, Bener Meriah,Aceh Tenggara.

“Banda Aceh ada 13 venue, Aceh Besar 16 venue, Sabang 6 venue, Aceh Tengah 2 venue, Sabang 6 venue, Aceh Tengah 2 venue, Bener Meriah 3 venue, Aceh Tenggara 1 venue,” kata Pj.Gubernur Aceh Achmad Marzuki.

Menpora Zainudin Amali memastikan sejauh ini tidak tladav kendala berarti pada persiapan PON 2024. Menurutnya, persiapan yang dilakukan Pemprov Sumut dan Aceh sangat baik.

Saya kira tidak ada masalah, saya menyambut baik semangat pemerintah dan rakyat Aceh, pemerintah dan rakyat Sumatera Utara terhadap persiapan ini sangat luar biasa,kata Zainuddin.(Rul)

Ketua KONI Pusat Marciano Norman, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua KONI Aceh Muzakir Manaf, Kadispora Sumut Tuahta Ramajaya Saragih dan Kadispora Aceh Dedy Yuswandi. Hadir juga Plt Kadis Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus, Kadisnaker Baharuddin Siagian dan OPD terkait lainnya Sumut dan Aceh.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *