Bimtek Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan, Penanggulangan Kebakaran.

  • Bagikan
Bupati Asahan H.Surya membuka Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran.(Foto : Istimewa)

Kisaran I membaranews.com

 

Bupati Asahan H. Surya membuka Bimtek Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran melalui Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat  se-Kabupaten Asahan Tahun 2023 di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Kamis (15/06/2023).

Bimtek bertujuan untuk menyebarluaskan informasi/edukasi masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran ke seluruh masyarakat Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan Surya mengatakan,sesuai Permendagri Nomor 114 Tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Sub Urusan Kebakaran Daerah Kabupaten/Kota, telah ditehaskan bahwa respon time atau waktu tanggap ditetapkan Pemerintah untuk mencapai lokasi kebakaran selama 15 menit. Namun, sesuai dengan kondisi geografis dan keterbatasan sarana dan prasarana pemadam kebakaran maka , respontime 15 menit belum dapat dicapai.

Pemkab Asahan melalui Satpol PP , tahun 2022 membentuk Relawan Pemadam Kebakaran sesuai Kemendagri nomor 364.1.306 tentang Pedoman Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran.

Relawan Pemadam Kebakaran perlu mendapatkan dukungan seluruh lapisan masyarakat hingga desa/kelurahan baik dukungan fisik, moral serta dukungan operasional/anggaran.

Karena itu ,Bupati minta seluruh Kepala Desa mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk mendukung optimalisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran Sebab,petugasb pemadam kebakaran bukan “Superman” apabila dibutuhkan langsung cepat datang.

Dukungan masyarakat sangat penting dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran sehingga dibutuhkan “Supertim”, kata Surya.(akm)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *