Awasi TKI Ilegal : Edy Rahmayadi Minta Tolong Konjen Malaysia

  • Bagikan

membaranews.com-[sumut]

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) Malaysia di Medan YM Aiyub Bin Omar di ruang kerjaKantor Gubernur Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Selasa (21/1). Kunjungan dalam rangka mempererat silaturahmi sekaligus memperkenalkan YM Aiyub Bin Omar yang baru bertugas di Medan.

Gubernur Edy menegaskan ,Malaysia sudah seperti keluarga. Selain jarak geografis yang dekat juga karena ada hubungan historis dan kultural suku. Yakni, antara suku Melayu di Sumut dan Malaysia. Selain itu mobilitas antar penduduk sangat intens.

 “Untuk kerja sama, saya yakin banyak yang bisa kita kerjasamakan. Namun salah satu yang menjadi perhatian saya saat ini adalah agar kita sama-sama pro aktif dan sinergi untuk mengawasi TKI/TKW ilegal. Kasus-kasus seperti ini nanti yang berpotensi merusak hubungan harmonis,” tuturnya.

 
Pemprov Sumut baru-baru ini telah membawa pulang masyarakat Sumut yang terlantar di Malaysia. Kejadian itu sebaiknya tidak terjadi lagi di masa depan, sebut mantan Pangkostrad.

Gubernur juga menjelaskan pembangunan infrastruktur yang akan di Sumut. Pemprov Sumut sangat terbuka jika investor Malaysia yang tertarik untuk investasi. “Begitu dengan pariwisata, sebagai negara tetangga mungkin kita bisa saling membantu untuk promosi pariwisata,” ujar Edy.

 
Konsul Jenderal Malaysia di Medan YM Aiyub Bin Omar berharap kerjasama baik telah dibina selama ini berlanjut dan semakin erat.

Sinergi, koordinasi dan komunikasi merupakan salah satu upaya yang harus dijalin untuk menekan dan mengawasi pertumbuhan TKI/TKW ilegal. Pihak Imigrasi dapat untuk memperketat pengawasan, sebutnya.

 
“Untuk pariwisata tentu perlu bahu-membahu dalam promosi pariwisata, saling mengunjungi dan jaraknya pun dekat. Tak perlu jauh-jauh berlibur, di Malaysia banyak yang bisa dinikmati. Begitu pula di Sumut, indah,” ucapnya.

Kunjungan silaturahmi diakhiri bertukar cindera mata dan foto bersama. Hadir mendampingi Gubernur yakni Asisten Administrasi dan Pemerintahan Arsyad Lubis, Kepala Biro Otda Basarin Yunus Tanjung Kepala Bappeda Hasmirizal Lubis. Rombongan Konsulat Malaysia terdiri dari Konsul Aminuddin bin Othman, Konsul Pelancongan Malaysia Medan Hishamuddin Mustafa, Atase Kepolisian Malaysia ASP Ismail bin Mohammad Ali. (rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *