Akhyar Nasution Menang atas Bobby Nasution di TPS 22 Kelurahan Brayan Darat II

  • Bagikan

membaranews.com(Medan)

Akhyar Nasution menang telak atas Bobby Nasution di tempat pemungutan suara (TPS) 22 di Kelurahan Brayan Darat II, Kecamatan Medan Timur.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 22, Edy Fitriawansyah YS, yang mengatakannya kepada wartawan usai penghitungan surat suara pada Rabu (9/12/2020) siang.

Di TPS tempat Akhyar Nasution mencoblos bersama istri dan kedua anak laki-lakinya itu, Edy menjelaskan, hasil penghitungan untuk daftar hadir totalnya 259 orang.

“Untuk hasil suara untuk nomor 01, 238 suara. Untuk nomor 02, 20 suara. Yang tidak sah ada 1,” katanya.

Untuk diketahui, dalam pilkada memperebutkan kursi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan ini, Akhyar Nasution berpasangan dengan Salman Al Farisi dengan nomor urut 01. Sedangkan Bobby Nasution berpasangan dengan Aulia Rahman dengan nomor urut 02.

Dijelaskannya, di dalam daftar pemilih tetap untuk di TPS 22, terdapat 394 orang. Di luar itu, lanjut Edy, ada 21 orang yang menggunakan hak pilihnya di TPS 22 tetapi tidak membawa surat undangan.

“Mereka menunjukkan KTP dan foto copy. Ada 21 orang, tapi mereka memang warga sini, Pulau Brayan Darat II. Kenapa memilih di sini, mereka tak mengatakan alasan. Yang pasti tak mendapatkan undangan,” ungkapnya.

Di TPS ini juga calon Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama istri dan dua anak laki-lakinya menggunakan hak pilihnya.

Sebelum mencoblos, pada Rabu pagi Akhyar sempat meminta restu kepada ibundanya, Siti Aisyah kemudian mengantarnya ke TPS.

Sementara itu di TPS Tempat Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu menggunakan hak pilihnya, pasangan no urut 2 ini menang dari pasangan no urut 1

Pasangan nomor urut 2 ini meraih 73 suara, sedangkan pasangan nomor 1 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dengan 49 suara, sementara ada dua surat suara yang tidak sah lantaran kedua gambar paslon dicoblos.

“Total ada 122 surat suara sah. Pasangan nomor urut 1 mendapat 29 suara, pasangan nomor 2 mendapat 73 suara dan surat suara yang tidak sah itu ada dua. Jadi kertas suara yang terpakai adalah 124 surat,” ujar Fauzan,

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), TPS 022 Asam Kumbang, kepada wartawan usai penghitungan suara.

Fauzan menyebut ada 314 warga yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 022 ini, dan berarti ada 190 orang yang Golput (red-tidak memilih)

Fauzan mengutarakan, bahwa pihaknya sudah memprediksi hal ini. Disebutkannya, pandemi COVID-19 jadi salah satu alasan warga malas ke TPS.

“Kita sudah tebak sebenarnya (banyak yang Golput). Kita sudah datang ke masyarakat memberikan undangan ke tiap warga di tiap DPT tapi ya hasilnya itu,” tukasnya. (AM).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *