1300 Warga Binaan Rutan I Medan Ikuti Skrinning TBC dan HIV

  • Bagikan
Kota Medan
Warga Binaan Rutan I Medan Mengikuti Skrinning TBC dan HIV.(Foto : Dok-Humasrutan)

membaranews.com.(Medan)

Sebanyak 104 orang warga binaan Rutan Kelas I  Medan, Selasa (08/02/2022) mengikuti kegiatan skrinning TBC dari total 1300 warga binaan yang akan dilakukan skrinning TBC dan HIV selama 14 hari kedepan.

Pelaksanaan skrinning  kerjasama Rutan I Medan dengan Dinas Kesehatan Kota Medan, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Medan serta  Tirta Medical centre Medan.

Hadir Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, kesehatan, rehabilitasi, pengelolaan basan baran dan keamanan Kanwil Kemenkumham Sumut menyaksikan kegiatan tersebut.

Pelaksanaan skrinning TBC dilaksanakan dengan metode Chest X-Ray disusul kegiatan skrinning HIV di hari berikutnya.

Kepala Rutan I Medan Theo Adrianus menjelaskan, pemeriksaan skrinning TBC dilakukan sebagai upaya promotif dan preventif untuk pencegahan dan penanggulangan penyakit menular diantaranya penyakit TBC.

Mengingat penyebaran Tuberclose (TB)  sangat mudah, terlebih di tengah padatnya warga binaan Rutan I Medan, Theo menilai penting untuk bertindak cepat melakukan pencegahan dan antisipasi terhadap penderita TB.

“Apabila nanti ditemukan  warga binaan positif penderita TB kita berikan pengobatan intensif bekerjasama dengan jajaran Dinas Kesehatan Kota Medan.

Kita akan  siapkan kamar huniannya khusus untuk mencegah penyebaran kepada warga binaan lain,” ujar Theo.(AVID/R)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *