Pj Bupati Batu Bara Hadiri Penganugerahan Gelar Adat di Siak

  • Bagikan
Pj Bupati Batu Bara. Nizhamul, SE, M.M, menghadiri acara pemberian gelar adat Bupati dan Wakil Bupati Siak. (Ist)

Siak | membaranews.com

Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara, Nizhamul, S.E., M.M., bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Batu Bara, Ny. Raja Arena Sumela Nizhamul, menghadiri acara penganugerahan gelar adat kepada Bupati dan Wakil Bupati Siak di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Siak, Riau, Minggu (9/6/2024).

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Nizhamul juga mengajak 11 utusan dzuriat kedatukan se-Kabupaten Batu Bara serta pengurus LAM Batu Bara untuk turut serta.

Prosesi penganugerahan gelar adat berlangsung dengan nuansa Melayu yang kental dan penuh kesakralan.

Rombongan tamu diiringi oleh alunan kompang, disambut dengan pencak silat Melayu, serta tari persembahan zapin.

Gelar Datuk Seri Setia Amanah dianugerahkan kepada Bupati Siak, Drs. H. Alfredi, sementara gelar Timbalan Setia Amanah diberikan kepada Wakil Bupati Siak, H. Husni Merza. Kedua gelar tersebut diberikan langsung oleh LAM Siak.

Puncak prosesi ditandai dengan pemakaian tengkuluk kehormatan oleh Majelis Kehormatan LAM Siak, Dato Seri H. Wan Said.

Selanjutnya, Ketua Dewan Pengurus Harian LAM Siak, Dato Seri Arfan Usman, memakaikan selendang dan memberikan kris Melayu kepada Bupati dan Wakil Bupati Siak.

Gelar kehormatan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas upaya Bupati dan Wakil Bupati Siak dalam mengangkat harkat dan martabat budaya Melayu Siak.

Mereka juga dinilai berhasil dalam mensejahterakan masyarakat serta meraih berbagai prestasi dari tingkat provinsi hingga nasional. (S)

Dalam sambutannya, Bupati Siak, Datok Seri Setia Amanah H. Alfredi, mengucapkan terima kasih atas kehormatan yang diberikan. “Kami siap mengemban gelar ini dengan amanah. Harapan ke depannya, kami akan terus bekerjasama untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Siak,” ujar H. Alfredi.

Acara penganugerahan ini menegaskan komitmen LAM Siak dalam melestarikan dan mengapresiasi budaya Melayu, serta mendukung para pemimpin yang berkontribusi positif bagi masyarakat dan budaya setempat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *