BPK Wilayah II Studi Teknis Rehabilitasi Istana Niat Limalaras.

  • Bagikan

Tim BPK Wilayah II mengunjungi Istana Limalaras Kecamatan Nibung Hangus.(Foto : Istimewa)

Batu Bara I membaranews.com

Tim Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah II melakukan kunjungan ke Istana Niat Limalaras, Batubara di Kecamatan Nibung Hangus, Rabu (20/3/2024).

Kehadiran Yim BPK Wilayah II dalam rangka studi teknis rehabilitasi istana disambut Sekda Batubara Norma Deli Siregar bersama Kadisporabudpar Sapri, Kadis Perpustakaan Elpandi, Kadis Kominfo Edwin Aldrin Sitorus, Kadis PUTR dan Kepala Bappelitbangda Arif Hanafiah di ruang kerja Sekda Jl.Perintis Kemerdekaan Lima Puluh.

Tim terdiri Dwi Fajariyatno, (Ketua) beranggotakan Thamrin Junaidi Nadapdap, M. Fachri Amri, Nasrul Hamdani, Dharma Kelana Putra, Wahyu Widayat, Eri Budiyanto.

BPK Wilayah II merupakan Unit Pelayanan Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI memiliki tugas melaksanakan pelestarian cagar budaya dan objek pemajuan kebudayaan di Provinsi Sumut. Salah satu tugasnya melaksanakan penyelamatan dan pengamanan cagar budaya.

Kunjungan BPK Wilayah II ke Kabupaten Batubara adalah koordinasi untuk kegiatan studi teknis pelestarian Istana Niat Limalaras. Hasil yang akan diperoleh adalah berupa penetapan istana menjadi cagar budaya.

Istana Niat Limalaras dapat dikembangkan sebagai situs budaya yang menarik dan akan dikunjungi banyak wisatawan seperti Istana Siak.

Hal ini diharapkan dapat mengangkat perekonomian di wilayah sekitar istana seperti tumbuhnya pusat kuliner, souvenir, transportasi dan akomodasi.(Rel/Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *