Kadisdik Ilyas Sitorus Teken MoA tentang Kajian Pengembangan Muatan Lokal di Batu Bara

  • Bagikan

membaranews.com(Batu Bara)

Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara menandatangani Memorandum of Action (MoA)  dengan Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) di Kantor Disdik Perupuk Kec. Lima Puluh Pesisir, Kamis (19/11/2020).

MoA sebagai tindaklanjut MoU antara Pemerintah Kabupaten Batu Bara dam UISU yang ditandatangani Bupati Batu Bara Ir. H.Zahir, M AP dan Rektor UISU Dr. Yanhar Jamaluddin, MAP.

Kadisdik Ilyas Sitorus mengatakan,  MoA berkaitan tentang Kajian Pengembangan Muatan Lokal di Kabupaten Batu Bara yang sangat dibutuhkan dalam kurikulum.

Muatan Lokal  salah satu bentuk kepedulian untuk menanamkan dan menumbuhkan kearifan lokal dalam kehidupan. Hal ini  peluang untuk mengenalkan kearifan-kearifan lokal dalam bentuk representasi kehidupan yang lebih  bermakna.

Ilyas menilai,  Kearifan Lokal berfungsi untuk konservasi dan pelestarian sumberdaya alam, pengembangan sumber daya manusia,  pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan dan juga berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan, ujar Ilyas.

Kearifan Lokal juga bagian dari budaya dalam masyarakat yang tidak dapat dipisahkan di kalangan masyarakat itu sendiri.

Dekan Fakultas Sastra UISU Dr. Purwanto Siwi MA mengatakan,  MoA lanjutan MoU yang  diteken 12 Agustus 2020 antara Pemerntah  Kabupaten Batu Bara dan UISU.

Kerjasama ini bertujuan untuk melaksanakan hubungan kerja kelembagaan dan kekeluargaan antara kedua belah pihak dalam mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khusus bidang Penelitian dan Pengabdian  Masyarakat.

Dalam hal ini akan dilakukan kajian pengembangan Muatan Lokal untuk.kurikulum belajar mengajar di Kabupaten Batu Bara, ujar Purwanto.

Kami berharap dukungan  semua pihak sehingga Kajian Pengembangan Muatan Lokal di Batu Bara dapat  diwujudkan dengan baik dan menjadi kekayaan bersama sekaligus sebagai bekal buat anak cucu dan keturunan kita kelak, tambah Purwanto.

Hadir   Kabid Kebudayaan Halimah, Kabid PNFI dan PAUD Azwar, Kasubbag Umum Ahmadi,  Wakil Dekan I/ Akademik dan Dakwah Islamiah UISU Susi Eka Lestari, SS, M.Hum,  Wakil Dekan II – Sumber Daya & Keuangan  Sri Wulan, SS, MS , Wakil Dekan III – Kemahasiswaan, Alumni & Kewirausahaan  Drs. H. Azmir Pasaribu, MA, mantan Wakil Rektor  IV – Kerja sama 2012 – 2016.(zul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *