Hutaraja dan Huta Siallagan Samosir Disulap Jadi Objek Wisata Berkelas

  • Bagikan
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meresmikan Kampung Ulos Huta Raja Kabupaten Samosir.(Foto : Dok-Kominfosu)

membaranews.com (Samosir)

Objek Wisata Hutaraja di Kabupaten Samosir disulap pemerintah Kampung Ulos berkelas.

“Saya yakin objek wisata Hutaraja akan mendongkrak  pariwisata Sumatera Utara,kata Gubernur  Edy Rahmayadi usai peresmian Kampung Ulos Hutaraja Sipoholon, Kabupaten Samosir oleh Presiden  Joko Widodo, Rabu (2/2/2022).

Objek wisata ikonik ini diyakini akan menarik banyak banyak wisatawan. Sudah semakin cantik, tertata rapi dan lebih baik. Ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan,” sebut Edy.

Edy berharap  masyarakat dan pemerintah setempat memelihara Kampung Ulos yang merupakan objek wisata ikonik di Samosir. “Tempat ini penting bagi kita karena memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dan demi kemajuan pariwisata Samosir dan Sumut,” tambah Edy.

Menurut Presiden  Jokowi, setelah dilakukan penataan kembali Kampung Ulos di Hutaraja ternyata jauh lebih baik. Dia membandingkan kawasan ini 2,5 tahun silam saat kunjungan terakhirnya ke Samosir.

“2,5 tahun lalu saya ke sini, sekarang betul-betul kelihatan penataannya  sangat baik sekali,” ujar Jokowi.

Rumah-rumah Bolon di Hutaraja juga banyak yang dibenahi terutama atapnya sehingga mempercantik objek wisata ini. Bukan hanya dibenahi, pemerintah juga membangun Rumah Bolon baru di kawasan ini.

Total pemerintah menggelontorkan anggaran Rp 25,8 Miliar untuk menyulap Hutaraja menjadi Kampung Ulos berkelas internasional.

Selain revitalisasi, pembangunan Rumah Bolon dan pembangunan TIC,  dana tersebut juga digunakan untuk pembangunan toilet umum, warung kopi, penataan pagar makam Hutaraja dan plaza.

Hal serupa juga dilakukan di Huta Siallagan, Kementerian PUPR membantu warga untuk mengubah rumah mereka menjadi homestay yang menarik. Selain itu, mereka juga membangun Rumah Bolon baru dan juga merevitalisasi yang baru.

Pemerintah menggelontorkan dana Rp 30 miliar untuk penataan ini termasuk membangun sarana dan prasarana. Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR, Pemda dan masyarakat yang sudah mendukung proyek ini.

“Saya sangat berterima kasih sekali kepada masyarakat, pemerintah daerah dan Kementerian PUPR,” ungkap Jokowi didampingi Meno Marves  Luhut B. Pandjaitan, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *