Gubernur Edy Rahmahadi Tinjau Pelaksanaan Pilkada Serentak

  • Bagikan
Gubernur Edy Rahmayadi bersama Forkopimda meninjau TPS 1  Jalan Martapura Medan Kota. (ist)

membaranews.com(Medan)

Untuk memastikan pelaksanaan Pilkada  Serentak, Rabu (9/12), berjalan dengan baik, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Forkopimda  meninjau pelaksanaan pesta demokrasi di daerah ini. Ada 23 kabupaten/kota di Sumut  melaksanakan Pilkada Serentak 2020.

Diawali  peninjauan kesiapan Tim Patroli Gabungan TNI-Polri dalam rangka Pengamanan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan Tahun 2020 di Wilayah Hukum Polrestabes Medan, di Pos Unit Turjawali Satlantas Polrestabes, Lapangan Merdeka Medan.

Gubernur didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin Siregar, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting.

Edy Rahmayadi menyampaikan agar tim patroli gabungan melaksanakan tugas dengan benar dan memastikan pelaksanaan Pilkada berlangsung kondusif, tertib dan sukses. “Sembari patroli, kita awasi juga masyarakat kita yang mengikuti pencoblosan untuk tertib dan disiplin protokol kesehatan,” pesannya.

Selanjutnya, meninjau  TPS 1 Jalan Martapura Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Medan Kota. Edy menyapa masyarakat dan petugas  di TPS.

“Ayo Bapak/Ibu, semua sanak saudara dan tetangga disuruh kesini, gunakan hak suara kita. Mudah-mudahan yang terpilih nanti membawa Medan menjadi lebih baik,” ucap Edy.

Edy  mengimbau  masyarakat  mengutamakan persatuan dan perdamaian.

“Apapun hasilnya nanti harus kita terima dengan lapang dada, ikhlas. Memang inilah pilihan terbaik yang sama-sama kita pilih. Hasilnya kita terima dengan legowo, utamakan persatuan dan perdamaian,” ujar Edy.

Sekdaprov Sumut R Sabrina meninjau pelaksanaan Pilkada di sejumlah TPS di Kabupaten Serdang Bedagai.

Lartisipasi pemilih pada pukul 10.30 WIB sudah di atas 70%. TPS sudah memenuhi ketentuan.

Empat TPS yakni TPS 02 Matapao, TPS 14 Firdaus, TPS 04 ,  05 Batang Terap, tingkat partisipasi rata-ratanya mencapai 70 %.

Tadi kita lihat partisipasinya cukup tinggi. Pagi-pagi saja sudah 70 sampai 75%, namun ada TPS yang masih 50%. Itu karena ada masyarakat  rumahnya masih kebanjiran,” ujar Sabrina, usai peninjauan TPS 04 Batang Terang Perbaungan.

Tingginya angka partisipasi masyarakat, menurut Sabrina mungkin lantaran pelajar dan mahasiswa  banyak berada di kampung halaman. Itupun belum pasti.

Ada juga analisis,  tingkat partisipasi tinggi  ada kaitan dengan pandemi yang membuat orang di rumah, pelajar dan mahasiswa banyak di rumah,” ujar Sabrina.

Sementara itu, semua TPS yang dikunjungi memenuhi syarat dan ketentuan protokol kesehatan. Mulai dari menyiapkan pencuci tangan/hand sanitizer, pengukur suhu tubuh, menyediakan sarung tangan untuk pemilih, mewajibkan masker bagi pemilih. Hingga bilik khusus apabila ditemukan pemilih yang bersuhu badan 37 derajat celcius ke atas.

“Semua kami lihat protokol kesehatan sudah dikedepankan, mulai pintu depan ada pencuci tangan, sarung tangan, thermo gun dan bilik khusus untuk pemilih yang suhu tubuhnya 37 derajat celcius,” ujar Sabrina.

Pada kesempatan tersebut, Sabrina juga memberikan masker dan hand sanitizer kepada semua TPS yang ditinjau. Menurutnya hal itu juga merupakan bagian dari kampanye protokol kesehatan.

“Ini kita ingatkan masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan,” ujar Sabrina.

Kepada masyarakat, Sabrina mengimbau agar terus menjalin persatuan usai Pilkada. Menurutnya masing-masing pendukung harus menjaga persatuan. “Saya juga mengimbau kepada masyarakat, kita kan bersaudara, meski berbeda pilihannya kita tetap jaga persatuan kita,” ujar Sabrina.

Sekda Sergai Faisal Hasrimy menyebut tingkat partisipasi pada pukul 11. 00  rata-rata  mencapai 70  % . Pelaksanaan Pilkada di Sergai kondusif.

Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang mengatakan,sampai saat ini situasi aman dan terkendali. Ada 530 personil polisi, 60 personel Brimob ,  100 personel TNI yang diterjunkan. “Situasi sampai saat ini cukup aman dan terkendali”,  tegas Robin.

Ketua KPPS TPS 02 Matapao Teluk Mengkudu, Sabran menyebut  belum ditemukan pemilih yang bersuhu tubuh tinggi. Pihaknya sudah menyiapkan bilik khusus.

Sabrina  menggunakan hak pilihnya di TPS 044 Gedung Johor Medan Johor dan membagi  masker ke  petugas KPPS. (rul).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *