Bupati Zahir Tinjau Tanggul Jebol Desa Karang Baru Kec. Datuk Tanah Datar Batubara

  • Bagikan

membaranews.com-(Batubara)

Bupati Batu Bara Ir H. Zahir, MAP bersama Kepala Dinas PUPR Khairul Anwar meninjau Irigasi Desa Karang Baru Kecamatan Datuk Tanah Datar yang jebol akibat curah hujan, Senin(15/6).

Turut mendampingi bupati,  Camat Datuk Tanah Datar, Kepala Desa Karang Baru, Gabungan Kelompok Tani dan masyarakat sekitar.

Salah seorang masyarakat, Panut,  bermohon kepada bupati segera memperbaiki tanggul yang jebol sekaligus menormalisasi sungai yang semakin dangkal.

“Akibat dangkalnya dasar sungai, disertai derasnya curah hujan bisa mengakibatkan jebolnya tanggul membuat persawahan terendam” ujar Panut.

Bupati Zahir mengatakan, jebolnya tanggul ini mengakibatkan beberapa areal persawahan penduduk terendam air dari aliran Sungai Karang Baru.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Batubara hadir dalam rangka monitoring jebolnya tanggul akibat curah hujan deras membuat debet air sungai tinggi, berdampak terhadap tiga desa yaitu Desa Karang Baru, Binjai Baru, Sei Muka dengan luas areal sekitar 148 ha.

Di sela peninjauan itu, Bupati Zahir memerintahkan Kadis PUPR segera melakukan normalisasi dan peninggian tanggul yang jebol.

Kadis PUPR Khairil Anwar menyampaikan, Dinas PUPR akan langsung bergerak ke lokasi jebolnya tanggul setelah mendapatkan instruksi dari Bupati serta laporan dari Camat dan masyarakat.

Ini bentuk reaksi cepat sebagai aparatur pemerintah guna menghadirkan negara di tengah – tengah masyarakat. “Kita akan buat normalisasi dengan menggunakan alat berat, dan kita turun hari ini. Selanjutnya akan meninggikan tanggul yang saat ini jebol” kata Khairul.(mkb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *