Pemkab Sergai Gelar Pasar Murah di Sei Rampah dan Teluk Mengkudu  

  • Bagikan
Pemkab Sergai
Masyarakat mendatangi Pasar Murah digelar Pemkab Sergai.(Foto : Istimewa)

membaranews.com (Sergai)

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Pasar Murah di Pasar Rakyat Sei Rampah dan Teluk Mengkudu, Kamis (17/2/2022).

Bupati Sergai H. Darma Wijaya kepada media  di Kantor Bupati Sergai, mengatakan pasar murah difokuskan untuk menyediakan stok minyak goreng bagi masyarakat di tengah langkanya ketersediaan kebutuhan pokok  tersebut di pasar.

Seperti diketahui, beberapa waktu belakangan pasokan minyak goreng di pasar cenderung langka. Bahkan sebelumnya harganya sempat melonjak cukup tinggi, sebelum akhirnya pemerintah pusat turun menstabilkan harga, ucap Darma Wijaya.

Pasar murah ini bukan kali pertama dilaksanakan, sebelumnya, pasar murah yang meyediakan minyak goreng murah bagi warga sudah digelar di Tanjung Beringin dan Dolok Masihul.

Tak hanya bertujuan untuk menstabilkan pasokan minyak goreng  Darma mengungkapkan kegiatan ini juga  upaya untuk mendukung program vaksinasi di Kabupaten Sergai.

Hal ini  terlihat disiapkannya Tim Vaksinator dari Dinas Kesehatan untuk menjaring masyarakat yang belum atau ingin menjalani vaksinasi dosis I, II maupun vaksin booster.

Seperti disampaikan Presiden Jokowi , ada 2 aksi utama  perlu dilaksanakan untuk menghadapi gelombang 3 pandemi Covid-19. Pertama adalah disiplin protokol kesehatan, terutama penggunaan masker saat beraktivitas. Kedua, menyukseskan program vaksinasi, ujarnya.

Pasar murah ini diprioritaskan untuk  masyarakat sudah menjalani vaksin, dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi baik dalam bentuk fisik atau yang sudah tersedia di aplikasi PeduliLindungi.

“ Saya berharap kegiatan pasar murah mampu meminimalisir kelangkaan stok minyak goreng sekaligus membantu menaikkan angka capaian vaksinasi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” tandas Darma.

Kepala Dinas Perindag Sergai Roy Christian Paul Sitorus Pane mengatakan,  pelaksanaan pasar murah merupakan sinergi Pemkab Sergai dengan PT. Musim Mas yang dilaksanakan di dua lokasi.

Sebelumnya kami sudah menyurati empat perusahaan produsen minyak goreng, salah satunya PT. Musim Mas, untuk ikut bekerja sama dalam upaya mengatasi langkanya stok minyak goreng di pasaran,” sebutnya.

Untuk hari ini disediakan total 5 ton minyak goreng dengan jatah 3.5 ton untuk Pasar Rakyat Sei Rampah dan sisanya sebanyak 1.5 ton di Teluk Mengkudu.

Pasar murah akan kembali dilaksanakan hari ini (18/2/2022) di Perbaungan dengan alokasi stok sebanyak 5 ton.

 “ Mekanisme pembelian yang ditentukan adalah untuk yang sudah vaksin I diberi jatah maksimal 2 liter, untuk yang sudah vaksin II sebanyak 4 liter dan bagi yang sudah vaksin booster jatahnya 6 liter. Ini dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi,” kata Roy sembari menambahkan minyak goreng kemasan ini dibandrol Rp 13.500,- per liter.

Kadis Perindag berharap, kedepan para produsen minyak goreng bisa tetap ikut menjalin kerja sama dengan Pemkab Sergai dalam mengatasi kelangkaan minyak goreng di Kabupaten Sergai. (Let)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *